Tips Merawat Knalpot Motor Agar Awet Tak Mudah Bermasalah

Merawat Knalpot

Tips Merawat Knalpot Motor

Tips Merawat Knalpot Motor Agar Awet Tak Mudah Bermasalah

Motor mempunyai banyak komponen yang fungsinya antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan untuk memberikan kenyamanan berkendara. Maka dari itulah penting untuk selalu merawat motor paa setiap komponen-komponennya. Nah, bicara soal komponen pada motor, salah satu komponen penting yang harus mendapatkan perawatan adalah knalpot yang menjadi lubang buah. Knalpot adalah komponen yang sangat penting pada motor. Knalpot punya tugas untuk memproses lagi bahan bakar engan oksigen yang terjadi di ruang bakar supaya dapat dimanfaatkan lagi sebagai tanaga tambahan. Jika knalpot bisa berfungsi dengan baik, maka secara otomatif juga kinerja motor bisa lebih baik juga. Begitu pun sebaliknya, jika knalpot motor sering mengalami masalah maka performa motor juga dapat menurun. Nah, lalu, bagaiamana cara merawat motor pada knalpotnya ini ? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan :

  1. Panas mesin dapat membuat knalpot timbul karat ataupun kekuningan lantaran kotoran yang menempel begitu cepat. Hal ini bisa diatasi dengan anda disarankan untuk memanaskan mesin tidak terlalu lama, secukupnya saja.
  2. Bersihkan lubang buang di silencer dengan cara memberikan oli secukupnya. Paling tidak, untuk tips yang satu ini bisa dilakukan dua bulan satu kali. Tips yang satu ini bermanfaat untuk mencegah knalpot bocor ataupun keropos di bagian silencer ataupun lehernya yang deka dengan silencer. Jika sudah ada kebocoran ataupun pengeroposan, maka knalpot bakal mengeluarkan suara yang bising dan mengganggu.
  3. Apabila knalpot telah terjadi koroso, maka tips merawat motor yang bisa dilakukan adalah bersihkan kotoran yang ada tersebut memakai sikat yang baik dan kuat. Anda dapat mengaplikasikan detergen di bagian knalpot yang kotor dan sikat dengan kuat sampai bersih. Jika memang cukup sulit, anda bisa menggunakan sikat kawat.
  4. Apabila pipa knalpot telah bersih dari kotoran ataupun karat, lakukan perawatan selanjutnya dengan membersihkan bagian tersebut memakai oli bersih dan mengoleskannya pada bagian leher knalpot secara merata. Kemudian hidupkan mesin selama kurang lebih 2 menit saja cukup agar oli menyerap dan lama kelamaan leher knalpot bersih dengan mengelupasnya oli karena kepanasan tersebut.
  5. Ketika usai mencuci ataupun mortor baru saja terkena hujan, keringkan knalpot dan bersihkan. Bahkan kalau perlu berikan cairan anti karat agar knalpot tak mudah berkarat.

Baca juga:  Jangan Abaikan Hal Ini Ketika Beli Dan Jual Mobil Bekas Jakarta

Share