Industri Pariwisata di Indonesia

Industri Pariwisata di Indonesia

Berbagai peran Industri Pariwisata Dalam Berbagai Aspek

Setiap orang dalam menghilangkan rasa penat atau kebosanan pasti mempunyai cara yang beragam mulai dari sekedar berdiam diri di rumah atau berjalan-jalan melakukan liburan bersama keluarga. Untuk liburan sendiri sekarang ini tidak hanya menjadi obat penghilang akan kepenatan dari rutinitas saja tetapi lebih dari itu liburan atau berwisata mengunjungi berbagai tempat indah menjadi suatu agenda khusus yang dilakukan pada setiap akhir pekan atau hari libur tertentu. Dengan berkembangnya liburan menjadi suatu agenda tetap atau kebutuhan maka berdampak juga kepada tempat-tempat wisata yang sekarang ini sudah dikelola menjadi suatu industri pariwisata yang banyak manfaatnya untuk masyarakat sekitar, daerah, juga negara.

Industri Pariwisata di Indonesia

Industri Pariwisata di Indonesia

Melihat hal tersebut maka pengelolaan pariwisata sebagai suatu industri pariwisata harus betul-betul dapat ditangani dengan sebaik-baiknya karena dampaknya yang sangat luas terhadap perekonomian yang ada. Dan berikut ini berbagai peran dari industri pariwisata terhadap berbagai aspek.

  1. Peran dalam membentuk pribadi suatu bangsa. Dalam hal ini industri pariwisata berperan dalam mengembangkan suatu kebudayaan daerah atau nasional. Selain itu juga semakin terpeliharanya suatu khazanah kebudayaan suatu bangsa yang menyebabkan akan semakin sadarnya masyarakat dalam mencintai dan tanggung jawabb terhadap masa depannya.
  2. Peran dalam bidang ekonomi. Suatu daerah yang memiliki industri pariwisata yang berkembang dengan pesat maka dalam hal perekonomian yang ada pun juga akan turut meningkat. Hal ini karena adanya peningkatan dalam pendapatan dengan terbukanya lapangan kerja baru dan berkurangnya masalah pengangguran.
  3. Peran dalam bidang keutuhan suatu negara. Dari hal ini pariwisata berperan dalam hal menjaga akan kelestraian suatu daerah dan juga jika suatu pariwisata yang dilakukan pada pulau-pulau terluar maka dapat menjadi unsur teritorial yang strategis. Selain itu keindahan alam yang ada pada daerah tersebut juga terawasi dan berlanjutnya ekosistem yang hidup yang disana.
  4. Peran dalam mengembangkan kreatifitas masyarakat. Dengan berkembangnya pariwisata maka secara langsung atau tidak kreatifitas masyarakat daerah sekitar juga turut terbina. Hal ini karena akan mudah munculnya berbagai sanggar-sanggar budaya, pusat-pusat kerajinan tangan sebagai oleh-oleh khas daerah tersebut, serta terbinanya suatu keahlian yang dapat menopang langsung akan perkembangan pariwisata.

Salah satu contoh Industri Pariwisata di Indonesia yang telah Berkembang dan sangat berperan bagi masyarakat yaitu Candi Borobudur.

Borobudur, Situs Warisan Dunia untuk Industri Pariwisata

Borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang terdapat di daerah Magelang, Jawa Tengah. Borobudur merupakan salah satu candi terbesar yang bisa dijumpai di Indonesia bahkan di dunia. Sebagai candi terbesar di dunia, borobudur memiliki ukuran 123 x 123 meter dengan tinggi 42 meter. Borobudur telah banyak dikenal sehingga cocok untuk mengembangkan industri pariwisata di Indoensia.

Borobudur adalah candi Buddha yang diperkirakan dibangun pada wangsa Syailendra pada 800 Masehi. Candi borobudur berbentuk stupa dan sangat megah karena dibangun bertingkat-tingkat. Candi Borobudur terdiri dari enam teras berbentuk persegi dengan tiga pelataran melingkar di atasnya. Candi Borobudur memiliki ribuan relief yang menghiasi dindingnya serta memiliki setidaknya 500 arca buddha.

potensi-industri-pariwisata

Borobudur, Salah satu Ikon Potensi Industri Pariwisata Indonesia

Borobudur dibangun sebagai model alam semesta untuk memuliakan Buddha. Selain dibangun dengan tujuan untuk memuliakan Buddha, Borobudur juga dibangun sebagai tempat ziarah yang bisa menuntut manusia untuk meninggalkan nafsu duniawai dan menuju alam pencerahan seperti ajaran Buddha. Borobudur secara umum terdiri dari tiga bagian atau tingkatan yaitu kamadhatu atau ranah hawa nafsu, rupadhatu atau ranah berwujud dan arupadhatu atau ranah tak berwujud. Dalam mengunjungi borobudur, ada aturan bahwa pengunjung harus maasuk melalui sisi timur kemudian berjalan melingkari Borobudur searah jarum jam. Dalam perjalanan terseebut, pengunjung dapat menikati ribuan relief yang terukir indah. Karena itulah Borobudur memiliki potensi untuk mengembangkan industri pariwisata indonesia.

Candi Borobudur dulunya dibangun karena banyaknya penganut Buddha di daerah setempat. Namun, setelah Islam mulai masuk ke Indonesia, kepercayaan Buddha semakin lama semakin bekurang sehingga semakin sedikit masyarakat yang menganut agama Buddha. Karena itulah Borobudur perlahan-lahan mulai ditinggalkan sampai tertimbun tanah. Namun, Borobudur kemudian ditemukan pada masa penjajahan Inggris yaitu oleh Gubernur Jenderal Raffles. Setelah ditemukan dan digali, Borobudur kemudian mengalami pemugaran sampai beberapa kali hingga menjadi Candi Borobudur yang dikenal sekarang. Terlepas dari sejarah pendiriannya, Candi Borobudur dilihat dari manapun merupakan candi yang sangat menarik. Pasalnya, Candi Borobudur adalah salah satu candi yang sangat megah dengan nilai seni serta religi yang tinggi. Karena itulah Candi Borobudur ini sukses menarik jutaan wisatawan untuk berkunjung baik wisatawan domestik maupun mancanegara.  Sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO, tidak heran jika Borobudur mampu menarik banyak orang dan menjadi aset industri pariwisata yang sangat berharga.

Industri pariwisata bisa berkembang semakin baik dengan adanya modal yang memadai. Permasalahannya adalah bagaimana caranya mendapatkan modal yang memadai untuk bisa mengembangkan daerah wisata tersebut. Modal yang memadai tersebut bisa didapatkan dengan mudah dengan BKPM. BKPM dapat membantu dalam menemukan investor yang bersedia untuk membiayai pengembangan pariwisata di daerah tersebut.

Share