Mengetahui Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini

Mengetahui Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini

Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai perkembangan anak adalah perkembangan psikologi anak usia dini. Tentu saja jika mendengar perkembangan psikologi, para orang tua akan berpikir mengenai perkembangan mental. Meskipun hal ini tidak salah, namun perkembangan psikologi pada anak usia dini juga berkaitan dengan perkembangan secara menyeluruh anak tersebut.

 

Meskipun terlihat sederhana, jika dipisahkan lagi secara lebih rinci, maka perkembangan psikologi pada anak didukung oleh beberapa hal berbeda seperti perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, dan perkembangan sosio-emosional.

 

Beberapa hal tersebut mempengaruhi perkembangan pada anak. Hal ini disebabkan bahwa perkembangan psikologi pada anak masih sangat erat kaitannya dengan perkembangan secara keseluruhan pada anak.

 

Meskipun akan cukup rumit, namun beberapa hal yang mendukung perkembangan psikologi anak usia dini dapat dijabarkan seperti berikut. Untuk perkembangan kognitif atau kecerdasan pada anak, terdapat beberapa tahapan perkembangan yang bisa disebutkan sebagai berikut: tahap sensorimotor, pra-operasional, konkret operasional, dan formal operasional.

 

Tentu saja beberapa hal tersebut adalah tahapan-tahapan berbeda pada anak terkait dengan perkembangan psikologi pada anak yang perlu diketahui oleh orang tua. Masing-masing tahapan akan memberi tahu orang tua mengenai apa saja yang akan terjadi pada anak-anak pada tiap-tiap tahapan tersebut yang pada akhirnya akan membantu orang tua untuk mendukung dengan aktivitas-aktivitas tertentu yang akan mendukung tiap-tiap tahapnya.

 

Selain perkembangan secara kognitif, perkembangan dari segi bahasa adalah salah satu perkembangan lainnya pada anak yang perlu Anda ketahui. Pada anak-anak, perkembangan bahasa dibagi lagi ke dalam beberapa periode. Sebagai contoh, untuk usia 0-1 tahun, periode ini disebut sebagai periode prelingual.

 

Pada periode ini, anak-anak akan mulai mengoceh dengan orang tua mereka. Pada tahapan selanjutnya, di usia antara 1-2,5 tahun, anak-anak akan memasuki periode lingual dimana pada periode ini anak-anak sudah mampu membuat sebuah kalimat.

 

Selain itu periode selanjutnya pada usia 2,5-5 tahun, periode ini disebut dengan periode diferensiasi. Pada periode terakhir ini, perkembangan anak-anak dari segi bahasa sudah dapat dilihat dengan baik dari segi kualitas dan kuantitas.

 

Tentu saja untuk mendukung perkembangan pada Psikologi Anak, anak-anak dapat diberikan asupan gizi yang lebih baik seperti asupan susu Wyeth.

Share