Menelusuri Sejarah Museum-museum Di Jakarta

Menelusuri Sejarah Museum-museum Di Jakarta

Museum sekarang ini masih tetap jadi tempat yang belum terlampau diminati umumnya orang terlebih untuk kelompok muda. Bahkan juga museum condong terlupakan serta dikira juga sebagai gedung tua yang cuma menaruh benda-benda peninggalan saat lantas. Walau sebenarnya museum adalah obyek wisata asyik untuk kelompok muda yang cuma mempunyai sedikit saat untuk liburan. Dengan berkunjung ke museum itu kita dapat juga menelusuri histori bangsa kita yang sangatlah bernilai. Tersebut disini sebagian museum di Jakarta yang dapat juga jadi tempat wisata histori :

1. Museum Bahari

Museum ini terdapat di Pasar Ikan no. 1 yang ada tak jauh dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Museum ini terdapat di gedung tua sisa benteng Cuylenburg yang dulu adalah gudang rempah-rempah punya VOC yang di bangun pada th. 1652. Dari namanya museum ini menaruh beragam benda yang terkait dengan perairan Indonesia, umpamanya jenis perahu serta kapal perang Indonesia, biota laut Indonesia yang sudah diawetkan serta bermacam peralatan navigasi dan kebaharian asli Indonesia. Diluar itu di depan museum ini dapat ada menara Syahbandar yang disebut menara pengawas kapal yang di bangun pada th. 1839.

2. Museum Taman Prasasti

Museum ini awalannya adalah suatu komplek pemakaman bernama “Kebon Jahe Kober” yang terdapat di daerah Tanah Abang. Tetapi mulai sejak th. 1977 pemakaman itu ditutup serta jadikan Museum Taman Prasasti. Museum ini memili koleksi prasasti, nisan serta makam yang umumnya terbuat dari batu serta perunggu. Ditempat ini kita bisa melihat makam dari tokoh-tokoh Belanda yang populer seperti A. V Michiels (Perang Buleleng), DR. H. F Roll (Pendiri STOVIA) serta Olivia Marianne Raffles (Istri Thomas Stamford Raffles).

3. Museum Satria Mandala

Museum yang terdapat di jalan Gatot Subroto no. 14 ini yaitu museum yang menghidangkan beragam hal perihal kemiliteran Indonesia. Di sini kita bisa tahu histori perubahan tentara Indonesia dari mulai masa perjuangan kemerdekaan sampai masa Reformasi. Museum ini menaruh beragam jenis kendaraan tempur punya tentara Indonesia seperti tank serta pesawat tempur. Diluar itu beragam jenis senjata enteng sampai berat, diorama serta simbol dan lambang kemiliteran juga ada di dalamnya.

Share