Ide Penyimpanan Alternatif Untuk Menata Dapur Minimalis Yang Patut Anda Coba

Ide Penyimpanan Alternatif Untuk Menata Dapur Minimalis Yang Patut Anda Coba

Banyaknya barang yang kita butuhkan di dapur kadang membuat kita bingung untuk meletakkannya dimana. Ruangan yang sempit alias minimalis tidak akan menjadi halangan jika anda menerapkan beberapa ide berikut ini.

Gunakan sisi belakang dari pintu yang ada di dapur anda. Baik itu pintu masuk/keluar utama hingga pintu laci/kabinet dapat anda manfaatkan untuk menyimpan barang-barang seperti di samping. Anda dapat membeli rak besi seperti di gambar dan rajin-rajin membersihkannya dengan Sunlight agar terhindar dari kotoran dan kerak serta karat. Anda juga dapat menggunakan gantungan/sangkutan bila anda ingin menyimpan spatula atau wajan di sisi tersebut.

Dengan tempat penyimpanan seperti ini, Sunlight Refill maupun botol anda bisa tersimpan dengan rapi tanpa memakan banyak tempat. Anda tak perlu ragu untuk menyetok Sunlight ketika diskon datang. Sudut ruangan juga dapat anda gunakan untuk meletakkan barang-barang kecil. Anda dapat mengakali hal ini dengan membuat kabinet custom yang bertipe L sehingga memaksimalkan pemanfaatan ruangan.

Selalu go vertical, karena space di atas anda masih banyak, usahakan dapat menyusun barang-barang secara vertikal. Jika anda tak kehabisan akal, bahkan anda bisa memanfaatkan plafon dapur rumah anda untuk menata dapur minimalis anda lebih rapi. Anda dapat membuat gantungan dari kayu maupun dari besi. Namun, kayu bersifat lebih mudah dirayapi jika tidak dilapis dengan bahan kimia khusus. Untuk gantungan dari bahan besi, anda bisa mengelapnya dengan Sunlight saja. Gantungkan barang-barang yang jarang dipakai seperti wajan dan panci dengan ukuran lebih besar di atas, tentunya anda harus memastikan benda-benda tersebut tersangkut dengan aman ya! Tentu anda tidak mau kaget karena tiba-tiba ada yang jatuh dari atas ketika angin bertiup. Untuk barang-barang yang lebih ringan seperti bahan makanan atau cemilan, anda dapat membuat toples dengan tutup dari magnet, sehingga untuk menyimpannya, anda hanya perlu menempelkan tutup toples dengan magnet yang ada di atasnya. Tapi, pastikan makanan yang anda simpan beratnya masih dapat ditanggung oleh magnet itu sendiri.

Ide berikutnya adalah, sering kali jika kita membeli dan memasang kabinet yang sudah jadi, laci atau ruang penyimpanan kabinet tersebut sangat besar. Untuk memanfaatkan semua space secara full, anda dapat menambahkan lapisan pembatas pada ruang kabinet, atau memasukkan rak yang memungkinkan anda untuk menyimpan lebih banyak benda-benda secara aman.

Berikutnya, anda dapat memanfaatkan file holder dengan menempelkannya pada sisi-sisi kabinet atau pintu yang ada pada dapur. Jika anda memiliki anggaran lebih atau anda belum mendesain dapur anda sama sekali, pembuatan kabinet di dapur menggunakan kayu palet dapat menjadi alternatif yang murah dan mudah untuk dikerjakan. Kayu palet dapat dicat dengan warna hitam atau putih, dan dilapisi dengan cairan khusus anti rayap, kemudian dibersihkan menggunakan Sunlight untuk membantu anda dalam menata dapur minimalis dan memberi kesan yang elegan. Membuat kabinet sendiri dari awal tentu lebih menyenangkan karena anda bisa mengatur sendiri penyimpanan bagaimana yang anda butuhkan untuk barang-barang di dapur anda.

Dapur minimalis memang tidak harus serba minimal, namun dengan sedikitnya tumpukan barang-barang yang ada pada ruangan dapur akan membuat kesan bahwa dapur anda terawat dengan baik. Apapun desain yang ingin anda terapkan pada dapur dan bagaimanapun anda menyiasati penyimpanannya, syarat utama dalah dapur harus bersih. Karena kebersihan di dapur adalah pangkal dari kesehatan keluarga anda.

Share