Faktor Yang Mempengaruhi Penanaman Modal Dalam Negeri BKPM

Faktor Yang Mempengaruhi Penanaman Modal Dalam Negeri BKPM

Saat anda akan melakukan suatu usaha dengan berbagai jenis dan bentuknya maka yang namanya modal pasti dibutuhkan untuk melangsungkan usaha tersebut. Adanya modal yang diperlukan dapat berupa modal dari pihak luar atau pun modal dari diri sendiri, yang tentunya akan berpengaruh kepada usaha yang akan dijalankan. Untuk modal sendiri pada perkembangan perekonomian negara terdapat permodalan yang namanya penanaman modal dalam negeri BKPM (PMDN). Penanaman modal ini bisa dilakukan oleh perorangan yang merupakan warga negara  Indonesia atau oleh suatu instansi atau perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas.

Penanaman Modal Dalam Negeri BKPM

Penanaman Modal Dalam Negeri BKPM

Perkembangan dalam penanaman modal dalam negeri bkpm ini juga dipengaruhi oleh berbagai faktor yang memiliki karakteristik tersendiri dan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Diantara faktor –faktor tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Budaya masyarakat setempat. Berbagai budaya khas dari suatu daerah tempat penanaman modal dilakukan secara langsung akan berpengaruh atas modal yang ditanamkan. Untuk hal tersebut sangat penting dalam mengetahui budaya masyarakat saat akan melakukan penanaman modal dalam negeri bkpm.
  2. Berbagai potensi atau karakteristik suatu daerah. Potensi berbeda yang dimiliki oleh setiap daerah juga dapat mempengaruhi akan penanaman modal yang dilakukan misalnya pada potensi wisata, sumber daya alam, sumber daya manusia, dan lain sebagainya. Selain itu bagaimana karakteristiknya juga dapat menjadi pembeda akan penanaman modal yang dilakukan.
  3. Otonomi daerah yang berlaku. Peraturan tentang otonomi daerah yang dimiliki oleh setiap daerah juga dapat mempengaruhi akan penanaman modal yang dilakukan. Hal ini karena setiap daerah mempunyai peraturan tersendiri akan berbagai pendirian usaha yang dilakukan.
  4. Situasi politik yang sedang berlangsung. Bagaimana situasi politik yang sedang berlangsung baik dalam politik daerah atau nasional akan berpengaruh kepada penanaman modal yang dilakukan. Hal ini karena akan berhubungan dengan kondusif tidaknya suatu daerah dalam situasi politik yang terjadi. Jika aman tentunya akan lebih banyak mengundang para penanam modal dalam negeri untuk berinvestasi, namun jika keadaannya kacau maka dalam penanaman modal dalam negeri bkpm yang dilakukan pun akan sedikit.

 

Share