Cara Sederhana Membuat Sabun Pencuci Piring

Cara Sederhana Membuat Sabun Pencuci Piring

Cara sederhana membuat sabun pencuci piring. Sebagaimana kita ketahui sabun berfungsi untuk membersihkan badan atau piring dari bakteri dan kotoran selain itu sabun juga dapat menimbulkan wangi baik pada tubuh kita, pada pakaian atau piring. Dilihat dari bentuknya sabun memiliki berbagai jenis, ada yang berbentuk padat seperti pada sabun mandi atau sabun cuci untuk pakaian, ada yang berbentuk serbuk atau butiran-butiran kecil seperti deterjen untuk mencuci pakaian, ada yang berbentuk krim yang biasa disebut dengan sabun colek untuk mencuci piring atau perabotan dapur dan ada yang berbentuk cair.

Dari berbagai bentuk sabun tersebut dewasa ini sabun yang berbentuk cair seakan menjadi primadona baik sabun untuk mandi, mencuci pakaian, mencuci tangan ataupun mencuci piring. Karena sabun cair memiliki daya tarik tersendiri karena mudah digunakan dan juga lebih praktis, berikut ini kami pun akan mengulas tentang cara membuat sabun cuci piring cair.

Bahan membuat sabun pencuci piring:

Terlebih dahulu belilah atau siapkan bahan-bahan yang akan kita gunakan untuk membuat sabun seperti : texafon atau zat yang berfungsi untuk mengangkat kotoran dan lemak, natrium sulfat yaitu zat yang dapat larut dalam air sebagai bahan dasar pembuatan sabun, pewarna untuk memberi warna pada sabun agar lebih menarik, parfum sebagai pewangi sabun dan air sebagai pelarut dan penyatu semua bahan tersebut.

Proses pembuatan sabun pencuci piring:

Proses pembuatan : ketika akan memulai proses pembuatan sebaiknya anda menggunakan sarung tangan yang terbuat dari karet, terlebih dahulu campurkan texafom dan natrium sulfat ke dalam wadah lalu aduk hingga kedua bahan tersebut menyatu, tambahkan air panas secukupnya, tambahkan juga parfum dan pewarna aduk semua bahan tersebut sampai benar-benar merata kemudian diamkan sampai larutan tersebut berubah warna, setelah itu anda bisa mencobanya untuk mencuci piring.

Itulah beberapa langkah cara membuat sabun cuci piring cair yang dapat anda gunakan, hal yang harus anda perhatikan adalah ketika proses pencampuran bahan-bahan tersebut sebaiknya anda menggunakan sarung tangan agar tangan anda aman. Takaran dari semua bahan-bahan tersebut juga tidak boleh sembarangan.

Share