Kemampuan Bersosialisasi Pada Anak di Usia Dini

Kemampuan Bersosialisasi Pada Anak di Usia Dini

Kemampuan Bersosialisasi Pada Anak di Usia Dini

Dalam 6 aspek perkembangan anak usia dini, kemampuan bersosialisai pada seorang anak sangat berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Kemampuan sosial pada anak dapat diartikan sebagai proses belajar anak dalam penyesuaian diri di lingkungan sekitarnya, dimana seorang anak mulai berinteraksi dengan orang-orang di luar rumah, termasuk dengan teman-teman sebayanya. Perkembangan sosial merupakan pencapaian seorang anak dalam hubungan sosial, yaitu seorang anak telah mampu beradaptasi dengan lingkngan sekitarnya.

Pencapaian pengembangan kemampuan sosial pada anak usia dini ini tentunya dipengaruhi oleh faktor dukungan dari dalam rumah, yaitu melalui kebiasaan yang diterapkan oleh kedua orangtuanya dalam kehidupan sehari-hari. Kedua orang tua biasanya menjadi peran utama dalam segala hal yang menjadi kebiasaan anak-anaknya, termasuk dalam kemampuannya untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang ada disekitarnya.

Faktor lain yang mempengaruhi pengembangan sosial pada anak adalah lingkungan sekolahnya. Melalui berbagai kegiatan yang dilakukan di sekolah bersama temannya, seorang anak akan menjadi lebih aktif dan dapat meningkatkan kemampuannya dalam bersosialisasi. Selain itu, lingkungan masyarakat yang ada disekitarnya juga dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan sosial pada anak usia dini. Dimana, dalam lingkungan masyarakat seorang anak akan memperoleh pengalaman berinteraksi dengan banyak orang selain orang-orang yang ada dilingkungan rumahnya. Sehingga, kemampuan bersosialisasi pada anakpun menjadi semakin berkembang.

Selain dari ketiga faktor tersebut, seorang anak pada umumnya telah memiliki kemampuan bersosialisasi yang tinggi. Seiring dengan bertambahnya usia anak dan proses perkembangan yang terus berjalan, maka seorang anak akan belajar bersosialisasi dengan sendirinya. Namun, dalam mengembangkan kemampuan tersebut, seorang anak tidak bisa lepas dari faktor pendukung lainnya termasuk lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat yang ada disekitarnya.

Salah satu dari 6 aspek perkembangan anak usia dini, khususnya kemampuan bersosialisai yang dimiliki anak ini perlu dikembangkan agar kepribadian sosialnya dapat berkembang dan untuk melatih anak menjadi seseorang yang mandiri dan bertanggung jawab. Selain itu, perkembangan dalam kemampuan bersosialisasi pada seorang anak juga dapat mengubah sifatnya yang pemalu menjadi lebih berani dan percaya diri.

Share