3 Jajanan yang Terkenal dari Sumatra Selatan

3 Jajanan yang Terkenal dari Sumatra Selatan

Sumatera Selatan merupakan tanah yang terkenal dengan slogan wong kita galo dan juga dengan jembatan Amperanya. Jembatan tersebut sendiri merupakan jembatan yang berada di atas sungai Musi yang membentang luas di Sumatera Selatan. Provinsi yang mempunyai ibukota di Palembang ini mempunyai makanan khas yang sangat terkenal di Indonesia. Makanan tersebut tidak hanya bisa ditemukan di Sumatera Selatan saja tetapi juga di banyak kota lainnya di Indonesia. Diantara makanan tradisional yang terkenal dari Sumatera Selatan tersebut, ada 3 jajanan yang paling populer dan disukai oleh banyak orang. 3 jajanan yang dapat dipilih tersebut adalah:

  • Pempek

Jajanan ini merupakan makanan yang paling terkenal dari Sumatera Selatan. Makanan dengan bahan dasar tepung dengan campuran ikan ini banyak disajikan dan dapat ditemui bukan hanya di daerah asalnya tetapi juga tempat lainnya. Tepung tapioka ini dicampurkan dengan bahan ikan seperti ikan tenggiri dan juga ikan atau bahan lainnya tergantung selera pembuatnya. Kemudian dibuat dengan bentuk baik itu bulat atau panjang-panjang. Setelah dikukus, pempek kemudian digoreng dan disajikan dengan kuah pempek yaitu cuka yang mempunyai citarasa pedas asam. Ada banyak jenis pempek yang ada seperti pempek kapal selam, lenggang, dan juga pempek kulit.

  • Tekwan

Jajanan selanjutnya yang bisa dibuat dan merupakan makanan khas Sumatera Selatan adalah tekwan. Jenis ini mempunyai tampilan dengan bahan dasar yang sama yaitu dari tepung dan mempunyai kuah yang menyerupai sup. Tekwan ini merupakan makanan yang berasal dari sagu yang dicampurkan dengan ikan dan dibuat dalam ukuran kecil-kecil dan direbus. Penyajiannya bersama bihun, jamur, bawang, seledri, dan juga bawang goreng.

  • Krupuk kemplang

Dan untuk pelengkap ketika makan pempek dan juga tekwan, ada satu jajanan yang tidak bisa dilewatkan yaitu krupuk kemplang. Krupuk ini sebenarnya adalah pempek yang diiris dan keringkan. Setelah kering kemudian digoreng dan memang mempunyai rasa dan tampilan seperti kerupuk. Sama seperti pempek, rasanya mempunyai citarasa ikan yang kental dan gurih.

Share